Enter your keyword

22 Januari 2017

Cara kerja dan fungsi Satelit

SATELIT

Adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua varian atau jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan, satelit adalah sebuah benda diangkasa yang berputar mengikuti rotasi planet bumi.
Fungsi satelit dan cara kerjanya dapat dibedakan dalam kategori bentuk, kegunaan dan cara kerjanya.
satelit cuaca, satelit telekomonikasi, satelit iptek dan satelit militer.

FUNGSI SATELIT
  1. Satelit Astronomi digunakan untuk mengkaji planet,bintang,dan objek lainnya. Salah satu contoh adalah satelit Hubble yang digunakan untuk memotret Red Rose Nebula.
  2. Satelit Komunikasi difungsikan untuk tujuan telekomunikasi,siaran radio,dan televisi yang menggunakan frekuensi gelombang mikro.
  3. Satelit Pantau Bumi (GPS Satellite) digunakan untuk navigasi dan pembuatan peta.Isyarat masa radio yang memungkinkan user atau pengguna mengetahui kedudukan mereka dengan tepat melalui sistem GPS.
  4. Satelit Cuaca berfungsi untuk mencatat dan mengirimkan maklumat tentang keadaan cuaca dan iklim bumi.Stasiun Angkasa. Merupakan satu "bangunan" yang memungkinkan manusia hidup di angkasa lepas.Stasiun ini sudah dirancang khusus,sehingga bisa didiami selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun.
  5. Satelit Militer adalah sebuah satelit telokomunikasi atau satelit pantau bumi yang digunakan untuk kepentingan militer.
Posisi satelit pada orbitnya terdiri dari tiga macam varian atau jenis, yaitu
  • Low Earth Orbit (LEO): 500-2.000 km di atas permukaan bumi.
  • Medium Earth Orbit (MEO): 8.000-20.000 km berada di atas permukaan bumi.
  • Geosynchronous Orbit (GEO): 35.786 km di atas permukaan bumi.
Seluruh pergerakan satelit dipantau dari bumi atau yang lebih dikenal dengan stasiun pengendali. Kerja dari satelit ini yaitu dengan cara uplink dan downlink.

Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari planet bumi menuju satelit, sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi. Komunikasi satelit dan cara kerja pada dasarnya berguna sebagai repeater di langit, satelit ini juga menggunakan transponders, adalah sebuah alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah.

Berikut adalah beberapa nama-nama satelit komunikasi milik Indonesia yang telah atau akan diluncurkan :

Satelit Palapa A1, satelit Palapa A2, satelit Palapa B1, Palapa B2, Palapa B2P, Palapa B2R, Palapa B4, Palapa C1, Palapa C2, Indostar I (Cakrawarta I), Telkom-1, Garuda-1, Telkom-2, INASAT-1, LAPAN-TUBSAT, Indostar II (Cakrawarta II), Palapa D, Telkom-3.

1 komentar:

  1. Cara Kerja Dan Fungsi Satelit - Reza Blog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Kerja Dan Fungsi Satelit - Reza Blog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Kerja Dan Fungsi Satelit - Reza Blog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 8y

    BalasHapus